Monday, March 31, 2014

No Comment

Pada artikel ini akan dibahas mengenai sejarah Liverpool mulai dari sejarah awal didirikan sampai pemain sukses yang melegenda. Untuk sejarah berdirinya, Liverpool didirikan pada tahun 1892 oleh John Houlding.

Saat itu ia sedang berselisih pendapat dengan beberapa pemegang kebijakan klub Everton mengenai tanah yang ada di Anfield. Perbedaan pendapat itu membahas apakah tanah tersebut tetap akan menjadi stadion Everton atau tidak. Sedangkan Houlding menginginkan masih tetap tinggal di Anfield dan kemudian direksi Everton pergi.

  • Sejarah Logo Liverpool
Kemudian Houlding mulai membentuk klub baru dengan nama Everton Athletic, tetapi nama ini ditolak oleh FA dan akhirnya berubah nama menjadi Liverpool Football Club. Liverpool akhirnya lebih sukses dibanding Everton, terlebih pada periode 1959-1974 dibawah kepemimpinan Bill Shankly. Sejarah mengenai klub Liverpool lain yaitu mengenai sejarah logo Liverpool. 

Sama halnya dengan kota Liverpool, klub ini juga memilih menggunakan burung liver dalam logo yang mereka gunakan. Beberapa perubahan kecil sering terjadi, tetapi pada akhirnya logo liver, Shankly Gates, anthem klub dan api abadi Hillborough disatukan dalam logo klub tersebut.

  • Sejarah Jersey Liverpool
Untuk sejarah jersey Liverpool, awal didirikannya Liverpool tidak memiliki jersey warna merah. Ketika itu Liverpool yang sedang menyaingi tim Everton memiliki jersey yang berwarna biru-putih, jersey itu mirip dengan jersey klub rivalnya tersebut. Tetapi saat ini, Liverpool memilih warna merah sebagai ciri utama Liverpool, hal ini sudah berlangsung lebih dari 100 tahun. 

Warna merah dan juga putih pada celana menjadi warna utama Liverpool pada era 1960 kebawah. Pada tahun 1965 barulah terjadi perubahan pada warna jersey, ini dilakukan untuk menekan lawan. Pemilihan celana yang berwarna merah akhirnya mulai diaplikasikan.


  • Sejarah Stadion Liverpool
Sedangkan stadion yang sangat erat hubungannya dengan klub raksasa di Inggris ini adalah stadion Anfield. Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa Houlding lebih memilih tinggal di Anfield dan ditinggalkan direksi Everton lainnya demi memilih stadion ini dan akhirnya membentuk Liverpool. 

Sejarah stadion Liverpool ini dimulai dari pembangunannya pada tahun 1884 dan akhirnya menjadi markas utama Liverpool pada tahun 1892 setelah perginya Everton dari stadion tersebut. Beberapa perubahan terjadi sejak Anfield berada pada kasta terendah dan akhirnya sekarang menjadi stadion yang bersejarah dan sangat erat hubungannya dengan klub raksasa Liverpool.

  • Pemain Legenda Liverpool
Setelah sekian lamanya terjun dalam dunia sepakbola, banyak penghargaan yang sudah terukir dan akhirnya memunculkan nama-nama pemain yang melegenda. Pemain legenda Liverpool yang banyak memberikan kontribusi pada klub ini yang pertama yaitu Ian Callaghan. Callaghan adalah pemain yang namanya masuk dalam sejarah sepakbola Inggris sebagai satu-satunya pemain yang paling banyak mengumpulkan penampilan. Ia bahkan membawa timnas Inggris juara Piala Dunia 1966. 

Dengan balutan seragam merah Liverpool, gelandang ini berhasil mencapai angka 640. Callaghan juga mempersembahkan trofi pertama Piala FA pada tahun 1965 pada era manajemen Bob Paisley dan Bill Shankly.

Pemain-pemain lain yang melegenda diantaranya yaitu Jamie Carragher, Ray Clemence, Emlyn Hughes, Ian Rush, Phil Neal, Kenny Dalhlish, Bruce Grobbelaar, Alan Hansen, Robbie Fowler, John Barnes, Billy Liddell, Kevin Keegan, Graeme Souness, Peter Beardsley, Jan Molby, Ian St. John dan  Steven Gerrard. 

Pemain-pemain tersebut telah memberikan kontribusi besar pada klub raksasa Inggris ini. Kemampuan mereka dalam bermain sepakbola sudah diakui, dan oleh sebab itu nama mereka disimpan dalam sejarah sebagai pemain berbakat. Banyak prestasi yang sudah diukir para pemain legendaris tersebut.

Walaupun saat ini Liverpool sering diejek sebagai klub yang hanya tinggal sejarah, tetapi kemampuan klub ini tidak bisa diremehkan. Klub ini adalah klub tersukses untuk gelar Eropa karena berhasil menjuarai Liga Champions sebanyak lima kali. Liverpool meraih gelar di Liga Champions Eropa sebanyak empat kali dan Liga Inggris sebanyak tujuh kali.
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer