Sunday, June 8, 2014

2 comments


Action
Biasanya memperlihatkan aksi yang cepat seperti adegan pertarungan, kekerasan atau semacamnya.

Adult
Ini cerita atau gambar yang mengandung unsur dewasa atau hanya dapat dimengerti orang dewasa.

Adventure 
Berisi cerita tentang seseorang atau beberapa kelompok melakukan suatu perjalanan jauh untuk suatu alasan tertentu.

Angst
Ditunjukkan untuk anime/manga yang memiliki cerita yang mengandung perasaan kecemasan atau mengandung unsur depresi.

Bishounen 
Artinya cowok/laki-laki muda yang terlihat "cantik" atau tampan dan biasanya disukai banyak wanita.

Bishoujo 
Adalah wanita muda yang cantik dan biasanya disukai para lelaki.

Breaking the Fourth Wall 
Artinya karakter yang berada di dalam anime/manga berinteraksi dengan dunia nyata, misalnya karakter A dalam manga ngomong: "ini manga kapan dilanjutin?? dasar pengarang males!!" atau karakter B dalam anime ngomong: "eh, kita bakal dapet season 2 loh nanti, asik kan?"

Comedy 
Cerita nya mengandung unsur unsur yang lucu dan menyenangkan untuk dibaca.

Crossover 
Artinya dua karakter atau lebih dari anime/manga yang berbeda tergabung dalam suatu adegan, gambar, cerita dan lain sebagainya.

Doujinshi
Atau biasanya disebut Fan-Art arti nya terinspirasi dari suatu Anime/Manga yang sudah hadir diceritakan kembali dengan gaya art, gambar dan cerita dari imajinasi sesuka hati.

Drama
Mengandung satu unsur yang kuat yang membuat para pembaca/penonton hanyut dalam cerita misalnya unsur kesedihan, kegigihan dll.

Ecchi 
Atau dengan kata lain Fan-Service adalah unsur yang hampir mendekati Hentai tapi tidak melewati, hanya mengandung unsur seksi level medium, biasanya dibuat untuk menarik minat para pembaca/penonton.

Fandom 
Artinya Komunitas penggemar dari suatu anime dan manga, seperti penulis fanfiction atau cosplayer adalah termasuk fandom.

Fanfiction 
Artinya seseorang menulis cerita karangan dari imajinasi sendiri berdasarkan anime dan manga yang sudah ada.

Fantasy
Banyak mengandung unsur imajinasi dan dunia-dunia fantasi.

Gender Bender
Terdapat unsur perubahan jenis kelamin karena berbagai sebab, bisa laki-laki menjadi wanita atau sebaliknya.

Gore
Genre ini mengandung adegan yang menjijikan diperlihatkan secara terang-terangan maupun tidak, biasanya adegan semacam kepala terpotong, usus terburai keluar atau pembunuhan yang diperlihatkan secara frontal.

Harem
Genre ini biasanya melibatkan 1 karakter lelaki dengan banyak karakter wanita (biasanya karena tertarik terhadap sang lelaki atau ada alasan lain) sebutan untuk sebaliknya adalah Reverse Harem atau 1 karakter wanita dengan banyak laki-laki.

Hentai
Konten yang berisi hubungan seksual secara terang-terangan dilihat dari art-nya, genre ini bukan untuk yang masih dibawah umur.

Historical
Mengandung unsur yang bersejarah, bisa jadi nama orang, nama tempat dan berbagai latar lain.

Horror
Ditujukkan bagi para penggemar horror, mengandung unsur yang mengerikan dengan teror yang mencekam dan mengejutkan.

Josei
Ditujukan kepada para pembaca wanita berusia antara 18-30 tahun dengan art dan cerita yang lebih mendekati kenyataan dan kurang idealisme dibanding Shoujo.

Lemon
Istilah untuk cerita anime/manga buatan fans/fanfiction yang temanya berorientasi unsur seksual.

Loli
Ini memicu kepada karakter perempuan yang memiliki tubuh kecil dan usia muda (biasanya dari Sekolah Dasar) tapi bisa saja hanya diartikan perempuan yang memiliki tubuh mungil, karena ada beberapa karakter perempuan secara fisik maupun mental terlihat lebih kecil dari usianya. (contoh dibawah adalah karakter berusia 32 tahun)

LSBH
Alias Long Straight Black Hair, ini ditujukan kepada karakter (biasanya wanita) yang memiliki rambut panjang yang hitam dan lurus.

Martial Arts
Mengandung unsur bela diri seperti karate, kung fu dan berbagai macam aliran bela diri yang lain.

Mature
Ditujukan kepada pembaca yang berusia 17 tahun keatas karena dianggap terlalu ekstrim, mengandung unsur seperti banyak adegan darah, kekerasan, adegan lain yang menjijikan dan bahasa yang kurang/tidak sopan dan lain semacam nya.

Mecha
Biasanya genre ini mengandung tipe-tipe mesin robot raksasa yang fantastik dan futuristik.

Mystery
Banyak terdapat pada serial detektif, pembaca/penonton diajak untuk berpikir selama mengikuti nya terdapat banyak kode, kata-kata dan unsur misteri lain.

Oneshot
Maksudnya ini cerita yang dimulai dan selesai hanya dalam satu chapter.

OTP
Alias One True Pairing, artinya kombinasi pasangan favorit masing-masing yang menurut pembaca/penonton terlihat bagus di fandom.

Parody
Genre untuk Animanga yg di dalamnya muncul biasanya Animanga lain yg di dalam bentuk kata-katanya atau muncul character dari Animanga lain

Psychological
Biasanya genre ini berurusan dengan mental pikiran atau bisa juga psikologi yang abnormal.

Romance
Mengandung unsur cinta dan kasih sayang romantis.

School Life
Jalan ceritanya terdapat kehidupan di sekolah sehari-hari.

Sci-fi
Atau Science Fiction melibatkan teknologi-teknologi canggih dan fenomena lain yang bertentangan atau melewati sains ilmiah modern.

Seinen
Berarti juga "lelaki muda" ditargetkan untuk pembaca cowok berusia 18-25 tahun biasanya bercerita tentang kehidupan di universitas dan masa-masa dewasa yang lebih realitas.

Seme
Pasangannya uke yang aktif/atas, maksudnya seme ini lebih agresif serta dominan dalam cinta dengan uke.

Shota
Sama seperti loli (lihat penjelasan loli diatas) hanya saja ini ditujukan kepada laki-laki yang mempunyai badan kecil baik sesuai usianya maupun tidak, karena bisa saja usia sudah ratusan tahun tapi tubuh masih seperti anak SD.

Shoujo
Ditargetkan untuk para pembaca cewek dengan banyak unsur romantis dan pengembangan karakter yang kuat.

Shoujo-ai
Sinonim dengan Yuri, hanya tidak se-ekstrim Yuri hanya diperlihatkan hubungan-hubungan yang wajar antar wanita seperti bergandengan tangan, berpelukan atau semacamnya atau bisa juga melalui tanda-tanda dari individu (non fisik) yang jelas terlihat dari sudut pembaca/penonton kalau mereka memang suka satu sama lain.

Shounen
Sama seperti Shoujo, hanya saja ini ditargetkan untuk para cowok dan biasanya mengandung unsur kekerasan.

Shounen-ai
Sinonim dengan Yaoi hanya tidak se-ekstrim Yaoi, hanya diperlihatkan hubungan-hubungan antar lelaki yang wajar seperti bergandengan tangan, berpelukan atau semacamnya atau bisa juga melalui tanda-tanda dari individu (non fisik) yang jelas terlihat dari sudut pembaca/penonton kalau mereka memang suka satu sama lain.

Slice of Life
Seperti nama nya, genre ini melibatkan penggambaran kehidupan dari satu atau banyak karakter, secara teknis bisa terjadi di kehidupan nyata.

Smut
Berkaitan dengan seri yang dianggap menyinggung atau menyebalkan, sebagian juga melibatkan konten seksual.

Sport
Seri ini melibatkan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia olahraga seperti bola, basket, baseball dan lain sebagai nya.

Supernatural
Melibatkan segala kekuatan hebat yang tidak dapat dijelaskan atau peristiwa yang bertentangan dengan hukum fisika dan hukum modern lain.

Super Power
Animanga yg character nya memiliki kekuatan super yg melebihi manusia biasa.

Uke
Pasangan seme yang pasif /bawah, maksudnya uke ini lebih manis, penurut serta tidak agresif seperti seme alias pasif.

Yaoi
Seri ini melibatkan hubungan intim terhadap sesama lelaki, bisa saja melibatkan hubungan yang lebih "jauh" lagi dari hanya sekedar bergandengan tangan, berpelukan dan sebagainya.

Yuri
Seri ini melibatkan hubungan intim terhadap sesama wanita, bisa saja melibatkan hubungan yang lebih "jauh" lagi dari hanya sekedar bergandengan tangan, berpelukan dan sebagainya.

2 comments:

 
Toggle Footer