Wednesday, September 9, 2015

Dunia teknologi saat ini berkembang sangat pesat, dan semua orang pasti merasakan dampak perkembangan teknologi tersebut, terutama di bidang sosial media. Sekarang banyak orang yang bersosialisasi dengan memanfaatkan sosial media seperti twitter, facebook, BBM, instagram dan sebagainya. Saya sendiri lebih aktif di Twitter, karena mungkin ada fasilitas Trending Topic yang mana nantinya kita bisa melihat hal apakah yang paling sering dibahas di hari itu. Selain Twitter saya juga bermain Facebook dan BBM. Khusus BBM, kita diharuskan untuk paketan agar BBM kita terus aktif. Dan biaya minimal untuk paketan adalah Rp 50.000 per bulan.  Saya sendiri merasa keberatan jika harus paketan. Bahkan sejak saya memiliki Smartphone android versi lama yaitu Samsung Galaxy Mini, saya mungkin Cuma 2 atau 3 kali membeli paket internet untuk kartu saya. Saya sendiri kalau tidak paketan biasanya saya BBM-an dengan mbandang wifi di kampus, teman atau kalau di rumah saya mbandang wifi puny tetangga :D. Karena saya sering mbandang wifi, jadi sudah dipastikan BBM saya jarang aktif, dan hanya akan aktif di waktu-waktu tertentu. Karena BBM saya jarang aktif, akhirnya saya ketinggalan informasi-informasi tentang kuliah, kumpul-kumpul dan sebagainya. Karena, kebanyakan pada zaman perkembangan teknologi informasi ini membuat orang malas datang ke rumah temannya untuk sekedar memberi tahu kalau ada apa-apa. Sekarang hanya dengan kirim pesan BBM atau kirim pesan Broadcast jika itu menyangkut banyak orang. Banyak juga yang membuat grup BBM seperti alumni di sekolah saya, ada pembahasan reuni di grup tersebut dan saya yang notabene hanya aktif di waktu tertentu ketinggalan informasi dan akhirnya tidak bisa datang di acara tersebut. Sejak ada BBM, sekarang jarang sekali Handphone saya berdering untuk menandakan ada pesan masuk. Sekarang saya hanya sering mendengar suara glunting-glunting yang menandakan ada yang kirim BBM ke saya. Dan seperti yang anda tahu, saya adalah pengguna BBM yang jarang aktif. Jadi, sekali aktif suara glunting-glunting  itu lama berhentinya karena pasti banyak sekali pesan BBM yang masuk. 

Di BBM, jika kita mengirim pesan maka ada tanda yang menunjukkan apakah BBM kita itu terkirim atau tidak. Jika ada tanda seperti sinyal, maka BBM kita belum terkirim. Jika tanda sudah centang, maka BBM kita sudah terkirim tapi belum diterima ke yang kita kirimi pesan. Jika tanda sudah menunjukkan tulisan D, maka itu artinya Delivered, yang mana pesan kita sudah terkirim dan sudah masuk ke BBM teman kita. Jika tanda sudah R, maka itu tandanya pesan kita sudah diRead atau sudah dibaca si penerima, dan kita tinggal menunggu balasan. Biasanya kalau sudah diRead tapi tidak dibalas, disitu kadang saya merasa galau. Jika kiriman gagal terkirim maka akan muncul tanda X di pesan kita. Saya pernah mengirim BBM tapi muncul tanda yang aneh, tidak ada seperti tanda yang saya jelaskan di atas, tapi tanda gambar garis bulat berwarna merah dengan titik di tengah. Ternyata setelah saya selidiki ternyata itu tanda karena tidak ada koneksi internet dan artinya itu menandakan kalau saya harus paketan :D. Ada fasilitas ping yang biasanya digunakan untuk menyapa atau melihat BBM teman kita apakah aktif atau tidak. Ping ditandai dengan  tanda ! di BBM milik penerima, tapi untuk pengirim maka tanda nya sepertiyang saya jelaskan di atas.

Jadi BBM memang memudahkan kita untuk berkomunikasi, apalagi itu menyangkut komunikasi banyak orang yang berjauhan dengan kita, tapi BBM membutuhkan koneksi internet untuk bisa menjalankannya. Sekian cerita pengalaman yang saya menggunakan BBM. Ini ceritaku, mana ceritamu?
Next
This is the most recent post.
Older Post

2 comments:

 
Toggle Footer